Index Labels

Komunitas: Jepara Underground People

. . No comments:


Tulisan ini dibuat oleh Furi , pertama kali dipublikasi di Facebook.

Jepara Underground People adalah sebuah wadah dari perkumpulan pelaku, pecinta dan penikmat
musik-musik cadas seperti black metal, hard core, trash, grunge.. tapi tetap cinta damai,. Organisasi yang dibentuk pada 1 maret 1997, sebelumnya bernama Martir Doom dipelopori oleh Mas Edy yang mengkoordinasi hampir 150 anggotanya di seluruh penjuru Jepara.,



Komunitas ini dedikasinya baik bermusik dan bersosialisasi tidak diragukan lagi,. Mulai dari merilis album kompilasi band di Jepara dan menggelar agenda pagelaran musik dengan tema Jepara gelap 1 (1997) hingga yang pada febuari 2011 lalu mereka telah tunaikan Jepara Gelap yang ke lima yang digelar di Gedung Aula SMK 2 Jepara. Selain itu juga banyak event-event musik yang tak terhitung sudah digelar disetiap daerah di Jepara yang kebanyakan sumber dana dari kolektif antar anggotanya.
Mungkin banyak masyarakat yang memandang sebelah mata tentang attitude, kostum dan cara mereka bermusik karena hanya beberapa oknum saja, tapi sebenarnya mereka sangat luar biasa..

Malam minggu kemarin bersama salah satu penggerak aktif Jepara Underground People.. Mas Rosyid.. begitu ia disapa beserta kawan-kawan lainnya yang menyambangi salah satu radio swasta di Jepara yang kebetulan pada malam itu ada jadwal sebuah program bertema “We Will Rock You” yang sedang memutarkan musik2 cadas. Dimana mereka hanya asyik duduk didepan studio bisa me-request langsung dan mendengarkan lagu-lagu kesukaan mereka tanpa alkohol, tanpa berbuat keributan ataupun mengganggu orang lain.

“ Ini adalah salah satu agenda dan cara kami bersilaturrahmi, juga apresiasi kami untuk media yang telah memberikan kepercayaan sosial pada kami meskipun selama ini hanya sekedar memutar musik-musik yang kami sukai” Sahut Mas rosyid yang juga warga desa sukodono itu menegaskan.

Visi dan misi kami adalah Pembangunan sumber daya manusia, attitude, pemahaman ideologi, pembelajaran tentang musik dan kepercayaan sosial masyarakat bahkan kearsipan sejarah perjalanan kami, akan kami bangun dan titipkan untuk generasi kami yang akan datang, dan itu tidak mudah saat ruang gerak dan ruang apresiasi kami terus dibelenggu oleh masyarakat dan pemerintah dengan sulit dan sistem administrasi perijinan disuatu birokrasi“.


 
Secara kegiatan Jepara Underground People sudah banyak melakukan aksi-aksi sosial salah satunya seperti even musik penggalangan dana untuk musibah gempa yang terjadi di Jogja pada Mei 2006 yang lalu, dengan kawan-kawan komunitas yang lain di luar kota (kudus, kendal, semarang, bandung dan jakarta).

Dengan kerendahan hati di saat berpamitan pulang mereka menambahkan, Secara umum harapan kami untuk musik jepara bisa lebih berkembang dan maju.. saling bersilaturrahmi dan sama seperti komunitas musik yang lain dijepara dan mewujudkan cita-cita kami..

Jepara ,15 januari 2013-01-15 (pertama kali dipublikasikan)

No comments:

Post a Comment

FOLLOW

MARKA MAGZ

Kawan Blogger